Kali ini kita akan bahas gimana sih Cara Tepat Bikin Budget Event ?
Saat kamu bikin Budget Event, kadang kamu bingung apa saja yang harus dihitung atau dicantumkan dalam Budget Event sehingga terkadang ada saja item yang terlewat dan akibatnya saat event berjalan muncul pengeluaran di luar budget !!
Untuk mulai Bikin Budget Event, kamu harus perhatikan beberapa HAL PENTING sebagai berikut:
1. DETAIL EVENT
Ini pentingnya Detail Event, karena dari item ini kamu akan bisa melihat item apa saja yang menimbulkan BUDGET EVENT. Jangan sampai salah menghitung pada bagian ini, pastikan kamu memperoleh Nominal Biaya yang pasti (bukan hanya perkiraan saja ya).
2. SKALA PRIORITAS
Susun item Budget Event memang berdasarkan Skala Prioritas yang memang tercantum pada Detail Event, bisa dimulai dari yang paling Urgent missal: Biaya Sewa Lokasi, Perijinan, Perlengkapan dan baru menyusul item pendukung lainnya.
3. BIAYA CADANGAN
Dalam Menyusun Budget Event, kamu juga perlu menghitung dan memasukkan biaya cadangan agar Budget Event kamu dapat mengcover semua item yang ada. Biasanya untuk Biaya Cadangan bisa Kamu masukkan dalam bentuk prosentase.
4. ESTIMASI PENDAPATAN
Jika konsep Event Kamu akan memperoleh Pendapatan misal dari: Tiket Masuk, Penyewaan Booth (Stand) maka hitung pula secara cermat namun terpisah dari Budget Event. Point ini merupakan Pendapatan Event, sebaiknya jangan dijadikan sebagai subsidi dari Budget Event Kamu yah.
5. DISIPLIN & KETAT
Nah ini yang penting !! Saat Budget Event sudah siap, Kelola dengan Disiplin dan Ketat agar gelaran event dapat berjalan dengan lancar.
Itu caranya bikin Budget Event yah...masih bingung ?
Hmmm jangan takut, Creator Event siap bantuin kok...tenang aja
Kontak Creator Event aja, biar kamu gak repot